Selasa, 22 Oktober 2024

Pelanggaran Kode Etik Periklanan : Studi Pertanggungjawaban Etik Perusahaan Pemasang

  • Oktober 22, 2024
  • Penerbit NEM


Buku Pelanggaran Kode Etik Periklanan: Studi Pertanggungjawaban Etik Perusahaan Pemasang membahas fenomena pelanggaran etika dalam periklanan yang semakin marak terjadi. Fokus studi ini adalah mengungkapkan bentuk-bentuk pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh perusahaan dalam mempromosikan produk atau jasanya.

 

Buku ini mengkaji berbagai kasus nyata pelanggaran etika pariwara, menganalisisnya dengan merujuk pada Etika Pariwara Indonesia (EPI) serta aturan perundang-undangan yang berlaku. Pertanggungjawaban etik perusahaan atas pemasangan iklan yang melanggar etika periklanan yaitu pertanggungjawaban secara administratif berupa penarikan lklan yang telah melanggar etika periklanan yang dilakukan oleh komisi penyiaran Indonesia. Komisi penyiaran Indonesia melakukan penegakan hukum dalam konteks represif dan meminta pihak pelaku usaha memperbaiki iklan yang telah melanggar etika periklanan.

 

Dengan menelaah berbagai kasus dan perspektif, buku ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang etika periklanan, serta mendorong perusahaan untuk lebih bertanggung jawab dalam menciptakan iklan yang etis, jujur, dan menghormati kepentingan publik.

 

                                                                   PEMBELIAN BUKU: