Jumat, 13 September 2024

Potensi Daun Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb.) sebagai Antioksidan Beserta Identifikasi Struktur Senyawa Aktifnya

  • September 13, 2024
  • Penerbit NEM

 


Tingginya radikal bebas dapat memicu stres oksidatif dan menyebabkan berbagai penyakit degeneratif. Sehingga, perlu antioksidan yang mampu menurunkan radikal bebas seperti antioksidan alami dari daun pandan wangi. Daun Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb.) berpotensi sebagai antioksidan karena mengandung senyawa metabolit sekunder berupa fenolik, tanin, saponin, serta flavonoid. Berdasarkan hal tersebut, buku ini dibuat untuk mengetahui senyawa metabolit yang terdapat pada daun pandan wangi yang berpotensi sebagai antioksidan.

 

Buku ini akan membahas mengenai uraian dan tahapan identifikasi daun pandan wangi, ekstraksi, fraksinasi, isolasi, pengujian kandungan senyawa metabolit sekunder, pengujian aktivitas antioksidan pada daun pandan wangi, serta identifikasi struktur senyawa aktifnya. Dengan ditulisnya buku ini, penulis berharap dapat menambah wawasan serta dapat digunakan sebagai sumber rujukan bagi mahasiswa, akademisi, dan masyarakat tentang potensi daun pandan wangi sebagai antioksidan. 


                           

                                                                   PEMBELIAN BUKU: