Selasa, 06 Agustus 2024

Pengantar Teori Bilangan

  • Agustus 06, 2024
  • Penerbit NEM

 



Buku pengantar teori bilangan merupakan buku yang berisi materi perkuliahan untuk mahasiswa S1 Matematika yang mempelajari materi keterbagian, keprimaan, kekongruenan, aplikasi kekongruenan, dan beberapa teorema kekongruenan khusus dan penerapannya. Materi teori bilangan memiliki peranan penting dalam sistem kriptografi. Materi ini dapat digunakan sebagai dasar bagi mahasiswa yang ingin memperdalam pengetahuannya dalam bidang aljabar. Meskipun sejumlah teorema luar biasa yang berkaitan dengan teori bilangan telah terbukti, yang lebih menakjubkan lagi adalah teorema yang masih belum terbukti. Banyak dugaan atau konjekture yang belum dapat dibuktikan.

 

Pendekatan materi yang disajikan menggunakan pendekatan aksiomatik (definisi, teorema, dan bukti) yang sekaligus membangun intuisi mengenai objek-objek di teori bilangan, membangun kemampuan menuliskan bukti secara terstruktur dan kemampuan untuk bisa membaca, memahami, dan mengomunikasikan matematika secara logis. Buku ini juga memuat contoh-contoh soal yang dapat memperkuat pemahaman mahasiswa terkait materi teori bilangan.

 

Materi yang dibahas dibagi dalam lima bab. Bab 1 Keterbagian, Bab 2 Keprimaan, Bab 3 Kekongruenan, Bab 4 Teorema Fermat dan Wilson, dan Bab 5 Fungsi Euler. Bab 4 dan bab 5 adalah materi aplikasi berupa teorema-teorema pengembangan dari tiga konsep dasar di bab 1-3. 


                                                                   PEMBELIAN BUKU: