Rabu, 21 Agustus 2024

Gerak Dasar Senam Lantai

  • Agustus 21, 2024
  • Penerbit NEM

 



Senam telah berkembang sejak sebelum masehi, di seluruh belahan dunia. Perkembangan senam erat kaitannya dengan pendidikan secara umum dan pendidikan jasmani. Tahun 1912 senam masuk di Indonesia, bersamaan dengan ditetapkannya pelajaran pendidikan jasmani di sekolah sebagai mata pelajaran wajib.

 

Istilah senam berasal dari bahasa Yunani yaitu ”gymnos” yang berarti telanjang. Hal ini dikarenakan orang-orang Yunani purba tidak memakai baju. Sedangkan senam yaitu ”gymnastic” yang berarti gerak badan atau olahraga untuk meningkatkan kebugaran jasmani maupun prestasi setinggi mungkin. Senam adalah aktivitas yang diciptakan secara sengaja dengan tujuan yang telah ditentukan dan tersusun secara sistematis, serta dilakukan berulang-ulang secara teratur. Lebih detail lagi senam merupakan latihan tubuh yang dipilih dan dirangkai dengan sengaja, dilakukan dengan sadar dan terencana, sistematis untuk meningkatkan kebugaran jasmani, serta mengembangkan keterampilan dan menanamkan nilai spiritual dan mental.

 

Perkembangan itu dapat dilihat dari bentuk gerakan yang diciptakan, sistematika gerak, latihan yang dilakukan dan tujuan lainnya. Pada buku ini akan dibahas tentang senam lantai. Senam lantai adalah senam yang gerakannya dilakukan di matras, meliputi unsur lompat, guling, loncat, berputar di udara dan mendarat dengan tangan serta kaki. Adapun detail isi dari buku ini adalah sejarah senam, teknik dasar guling depan, guling ke belakang, sikap lilin, kayang, headstand/kopstand, handstand, split, dan bagaimana prinsip-prinsip latihan yang benar.

 

Besar harapan penulis, agar buku ini dapat menambah pengetahuan tentang bagaimana melakukan senam lantai dengan baik dan benar.

  

                                                                   PEMBELIAN BUKU: