Kamis, 25 Juli 2024

Pengembangan Permainan Bahasa dan Sastra Indonesia (Bambastis) Berbasis Situs Web

  • Juli 25, 2024
  • Penerbit NEM


Buku ini mengkaji perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di era digital dalam menghadapi tantangan dari media sosial dan kebutuhan media pembelajaran yang semakin meningkat. Bahasa gaul dan bahasa asing mendominasi komunikasi remaja, mengancam peran bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

 

Di tengah tren ini, kebutuhan akan media pembelajaran digital meningkat, terutama pascapandemi. Guru perlu menggunakan teknologi untuk menciptakan suasana belajar yang menarik dan relevan bagi generasi digital. Pembelajaran berbasis teknologi informasi tidak hanya mempermudah proses pembelajaran tetapi juga membuka peluang untuk menyampaikan materi secara inovatif.

 

Namun, konten edukasi dalam bentuk gim (games) digital yang mendalam tentang bahasa dan sastra Indonesia masih terbatas. Buku ini memperkenalkan Bambastis (Belajar dan Bermain Bahasa dan Sastra Indonesia), sebuah permainan berbasis website yang dirancang untuk memberikan wawasan pengetahuan kaidah bahasa dan apresiasi sastra Indonesia tidak hanya untuk di dalam kelas pendidikan formal, tapi juga dapat digunakan oleh masyarakat umum.

 

Buku ini menawarkan salah satu solusi inovatif untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, selain itu mendukung misi Merdeka Belajar dengan pendekatan yang berpihak pada murid dan sesuai dengan kebutuhan zaman.

  

                                                                   PEMBELIAN BUKU: