Senin, 22 Juli 2024

Konsep Mental Health di Era Globalisasi : Pendekatan Psikoterapi Islam

  • Juli 22, 2024
  • Penerbit NEM

 


Buku ini membahas tentang kesehatan mental di era globalisasi. Kesehatan mental adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan diri sendiri, orang lain, dan masyarakat di mana ia hidup. Untuk dapat menyesuaikan diri dengan diri sendiri, orang harus menerima dirinya sebagaimana adanya, dengan segala kekurangan dan kelebihannya, serta harus berusaha mengenal, memahami, dan menilai orang lain secara objektif. Selanjutnya ciri-ciri mental yang sehat adalah (1) Adjusment (penyesuaian diri), yaitu seseorang harus mampu menyesuaikan diri terhadap dirinya sendiri, soaial budaya, dan agama yang dianutnya. (2) Integraded personality (kepribadian utuh, kukuh), yaitu semua aspek jiwanya (perasaan, pikiran, pemahaman, pengenalan, dasar isi agama, penampilan, sikap (dalam), semuanya selalu bekerja sama setiap akan melahirkan tingkah laku (di luar) behaviour.

 

Psikoterapi merupakan pengobatan dan proses penyembuhan melalui pendekatan psikologis, mencakup berbagai teknik yang bertujuan untuk membantu seseorang dalam mengatasi gangguan psikologis atau emosional dengan cara mengubah pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang, agar individu tersebut mampu mengembangkan dirinya. Adapun kesehatan mental dalam pendekatan psikoterapi Islam meliputi; (1) Psikoterapi islami mandiri, meliputi: sabar, taubat nasuha, dan tawakal kepada Allah. (2) Psikoterapi islami oleh terapis, meliputi: asas filosofi psikoterapi; perlu dipegang oleh psikoterapis islami, prinsip pelaksanaan psikoterapi islami, dan karakteristik mental kode etik psikoterapi islami.

 

Gambaran dan karakteristik mental yang sehat di era modern, tantangan yang cukup meningkat membawa dampak di berbagai lini kehidupan, seperti ekonomi, politik, pendidikan, sosial, budaya, hingga pola pikir manusia. Kehidupan di era digital menghadirkan persaingan yang cukup ketat. Buku ini baik sebagai bahan tambahan referensi mahasiswa bidang psikologi dan psiloterapi Islam, umum, dan masyarakat.

 

                                                                   PEMBELIAN BUKU: