Kamis, 18 Juli 2024

Komunikasi dan Konseling dalam Praktik Kebidanan

  • Juli 18, 2024
  • Penerbit NEM



Buku ini menyajikan pedoman lengkap bagi bidan dan calon bidan dalam menjalankan tugasnya. Kemampuan teknis komunikasi dan konseling yang baik yang sangat dibutuhkan. Komunikasi yang efektif dan kemampuan memberikan konseling yang tepat adalah kunci dalam memastikan kesehatan ibu dan bayi terjaga dengan optimal.

 

Buku ini berisi tentang dasar-dasar komunikasi dalam kebidanan, pengertian dan pentingnya komunikasi dalam pelayanan kebidanan, faktor-faktor dan hambatan-hambatan dalam komunikasi. Selain itu juga berisi tentang konseling dalam kebidanan, definisi dan tujuan konseling dalam praktik kebidanan, langkah-langkah dalam proses konseling, termasuk pendekatan teoretis, keterampilan, sikap dalam melakukan konseling, strategi membantu klien dalam pengambilan keputusan serta proses dan praktik konseling dalam kegiatan asuhan kebidanan pelayanan KB.

 

Keunggulan dari buku ini yaitu menggunakan bahasa yang mudah dipahami, sehingga cocok untuk mahasiswa kebidanan dan bidan praktisi. Buku ini juga dilengkapi dengan gambar untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi buku. Contoh percakapan juga disajikan untuk memudahkan pembaca dalam mengaplikasikan teknik komunikasi. Latihan dan refleksi disajikan untuk mengasah pemahaman pembaca di setiap akhir bab.

 

Dengan mempelajari buku ini, diharapkan pembaca dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan memberikan konseling, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pelayanan kebidanan dan kesejahteraan ibu serta bayi.

     

                                                                   PEMBELIAN BUKU: