Jumat, 19 Juli 2024

Kajian Sistem Jaminan Kesehatan Berdasarkan Kemampuan dan Kemauan Membayar

  • Juli 19, 2024
  • Penerbit NEM



Masalah kesehatan merupakan salah satu aspek yang selalu mendapat perhatian utama baik secara regional, nasional, maupun internasional. World Health Organization (WHO) mengeluarkan kebijakan yang disebut International Health Regulation (IHR) untuk mengintegrasikan berbagai masalah kesehatan dunia. Di Indonesia, fokus perhatian pemerintah terhadap kesehatan dibuktikan dengan dikeluarkannya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). ATP merupakan gambaran kemampuan seseorang untuk membayar atau mendapatkan akses pelayanan kesehatan, sedangkan WTP adalah gambaran kemauan seseorang untuk membayar akses terhadap pelayanan kesehatan. ATP dan WTP ini memiliki pengaruh terhadap kepatuhan peserta dalam membayar iuran JKN.

 

Buku ini akan membahas berbagai teori terkait jaminan kesehatan yang berlaku di Indonesia, yang mana program ini sangat penting untuk terciptanya Universal Health Coveroge (UHC). Selain itu, dalam buku ini juga dibahas mengenai faktor-faktor yang memengaruhi capaian program JKN dan UHC. Khususnya dari aspek kemampuan membayar dan kemauan membayar. Dibahas pula berbagai upaya dalam mengatasi rendahnya kepatuhan peserta dalam membayar iuran kepesertaan JKN, baik upaya dari pemerintah maupun dari tenaga kesehatan masyarakat.

 

Semoga buku ini dapat menjadi salah satu media untuk memperkaya pengetahuan para pembaca dalam hal jaminan kesehatan, kemampuan membayar jaminan kesehatan serta kemauan membayar kesehatan. 

     

                                                                   PEMBELIAN BUKU: