Senin, 22 Juli 2024

Kajian Ekonomi Pembangunan Islam

  • Juli 22, 2024
  • Penerbit NEM



Kajian Ekonomi Pembangunan Islam merupakan bidang studi yang mengintegrasikan prinsip-prinsip ekonomi dengan nilai-nilai dan ajaran Islam. Fokus utamanya adalah menciptakan sistem ekonomi yang adil, seimbang, dan berkelanjutan sesuai dengan syariat Islam. Dalam kajian ini, berbagai aspek ekonomi seperti distribusi kekayaan, pengentasan kemiskinan, dan kesejahteraan sosial dibahas dalam kerangka ajaran Islam.

 

Dalam implementasinya, Ekonomi Pembangunan Islam menghadapi berbagai tantangan seperti kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat, keterbatasan infrastruktur keuangan Islam, serta regulasi yang belum sepenuhnya mendukung. Namun, di sisi lain, terdapat peluang besar dengan meningkatnya minat global terhadap sistem keuangan syariah, serta potensi besar dalam memanfaatkan teknologi untuk memperluas jangkauan layanan keuangan Islam.

 

Kajian Ekonomi Pembangunan Islam menawarkan perspektif alternatif yang mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dengan praktik ekonomi modern. Dengan menerapkan prinsip-prinsip keadilan, keseimbangan, dan tanggung jawab sosial, ekonomi Islam berpotensi menciptakan sistem ekonomi yang lebih adil dan berkelanjutan. Melalui pengelolaan zakat, sedekah, dan wakaf yang efektif serta pemanfaatan teknologi, Ekonomi Pembangunan Islam dapat menjadi solusi untuk berbagai masalah ekonomi yang dihadapi oleh umat manusia saat ini.

 

Buku ini terdiri dari 8 (delapan) bab, yang akan membahas mengenai Dasar Teori Ekonomi Islam, Pembangunan Ekonomi dalam Perspektif Islam, Keuangan Islam dalam Pengembangan Ekonomi, Pemberdayaan Masyarakat melalui Ekonomi Islam, Tantangan dan Peluang Pembangunan Ekonomi Islam, dan Implementasi Ekonomi Pembangunan Islam di Negara Indonesia.

  

                                                                   PEMBELIAN BUKU: