Minggu, 09 Juni 2024

Buku Ajar Perencanaan Program Gizi

  • Juni 09, 2024
  • Penerbit NEM



Indonesia dewasa ini masih dilanda masalah gizi masyarakat yang belum dapat diatasi secara maksimal, baik masalah kekurangan gizi mikro, gizi makro, dan kombinasinya seperti: kurang gizi pada anak balita (marasmus, kwashiorkor, stunting), anemia, dan obesitas. Kemudian pada remaja dengan masalah gizi anemia, obesitas, dan beberapa penyakit tidak menular. Selanjutnya terjadi pula pada ibu-ibu usia produktif dan ibu hamil mengalami anemia, kurang energi kronik yang berisiko terhadap anak lahir dengan badan rendah.

 

Pemerintah telah berupaya untuk menanggulangi masalah gizi masyarakat ini, namun upaya dan kebijakan yang selama ini dijalankan belum berdampak secara signifikan bagi perbaikan gizi masyarakat di Indonesia. Perencanaan adalah salah satu pilar penting dalam program gizi di masyarakat yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat. Perencanaan program gizi di masyarakat menjadi penting karena perencanaan program gizi yang tepat dapat membantu mengatasi masalah gizi di masyarakat, seperti kekurangan gizi (malnutrisi) dan kelebihan gizi (obesitas), program gizi yang terencana dapat membantu masyarakat mendapatkan akses terhadap makanan yang bergizi dan aman, serta meningkatkan pengetahuan dan perilaku masyarakat tentang gizi.

 

Tidak hanya itu, bahkan perencanaan yang matang dapat mencegah timbulnya penyakit melalui pola makan sehat yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Kemudian perencanaan program gizi yang tepat dapat membantu masyarakat mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, sehingga dapat membantu mencegah penyakit-penyakit tersebut.

 

Buku ajar ini dimaksudkan memberikan gambaran dan ilustrasi tentang perencanaan mulai dari tahapan perencanaan, jenis, manfaat, siklus dan pendekatan teoretis, intervensi gizi, sampai penyusunan proposal perencanaan dan intervensi salah satu masalah gizi di masyarakat, soal-soal, rangkuman untuk menambah wawasan khususnya bagi mahasiswa, akademisi, serta bagi masyarakat umumnya.

 

Penulis mengharapkan saran serta kritik yang positif sehingga ke depan dapat menjadi masukan bagi perbaikan sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi.

 

                                                                   PEMBELIAN BUKU: