Kamis, 16 Mei 2024

Buku Resep Makanan untuk Anak Prasekolah

  • Mei 16, 2024
  • Penerbit NEM


Tumbuh kembang anak merupakan masa kritis yang akan menentukan perkembangannya di masa dewasa. Pada masa ini pemberian gizi untuk anak harus diperhatikan dan dicukupi sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi 2019. Gizi balita yang terpenuhi akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh anak. Begitu pun sebaliknya, gizi balita yang tidak terpenuhi akan memberikan beberapa dampak negatif untuk perkembangan anak seperti imunitas yang kurang baik, gagal tumbuh, gangguan perkembangan otak, dll.

 

Bayi usia 0-6 bulan hanya membutuhkan ASI sebagai sumber makanannya. Namun, Setelah anak memasuki usia 6 bulan tepat, anak boleh diberikan makanan pendamping ASI atau disebut MP-ASI. Perlu diperhatikan untuk ketepatan tekstur, frekuensi pemberian, dan jumlah pemberian MP-ASI. Karena makanan ini hanya pendamping untuk ASI dalam mencukupi kebutuhan gizi anak, ASI harus tetap diberikan sampai anak usia 2 tahun. MP-ASI untuk anak sebaiknya sesuai dengan panduan gizi seimbang, hal ini akan sesuai dengan jumlah zat gizi yang dibutuhkan tubuh anak. MP-ASI anak juga dapat menggunakan atau memanfaatkan pangan lokal sebagai bahan bakunya. Selain harganya relatif lebih murah, bahan lokal juga mudah didapatkan.

 

Buku ini akan membahas mengenai pemberian makanan untuk setiap tahap pertumbuhan dan perkembangan anak mulai dari tahap MP-ASI 6 bulan sampai dengan MP-ASI usia 2 tahun dengan berbasis pangan lokal. Diharapkan buku ini akan menambah pengetahuan dan informasi bagi pembacanya serta dapat menjadi bahan referensi dalam menyiapkan MP-ASI yang berkualitas, bergizi, dan bervariasi untuk anak.

  

                                                                   PEMBELIAN BUKU: