Jumat, 19 Januari 2024

Buku Ajar Penentuan Status Gizi

  • Januari 19, 2024
  • Penerbit NEM

 


Penentuan Status Gizi (PSG) adalah cara yang dilakukan untuk mengetahui status gizi seseorang. Dalam menentukan status gizi terdapat dua cara yaitu penentuan status gizi secara langsung dan tidak langsung. Penilaian antropometri, pemeriksaan biokimia, klinis, dan biofisik adalah jenis penentuan status gizi secara langsung, dan secara tidak langsung adalah surveI konsumsi, statistik vital, dan faktor ekologi. Kedua penentuan status gizi ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya status gizi yang salah.

Pada buku ini dibahas secara rinci mengenai penentuan status gizi dan istilah yang digunakan, konsep pertumbuhan dan perkembangan, metode antropometri, pengukuran antropometri pada anak dan orang dewasa, pemeriksaan klinis, pemeriksaan biokimia, pemeriksaan biofisik, survei konsumsi, metode recall 24 jam, metode Food Frequency Questionnaire (FFQ), statistik vital dan faktor ekologi, serta identifikasi kelemahan dan kelebihan masing-masing metode yang dipergunakan.

Buku ini dilengkapi dengan latihan soal-soal dan sebagai bahan diskusi per sub-bab dan berdasarkan pemecahan kasus untuk pembelajaran kelompok. Buku ajar ini juga dilengkapi dengan contoh formulir survei konsumsi recall 24 jam dan FFQ, dalam buku ini juga dilengkapi dengan tabel standar antropometri penentuan status gizi anak untuk mendukung dalam menilai status gizi pada anak dan orang dewasa.

Jarangnya buku ajar secara khusus dan mendalam sehingga buku ini layak dimiliki oleh para mahasiswa sebagai referensi serta para praktisi yang bekerja dalam bidang gizi dan kesehatan.

 

                                                                PEMBELIAN BUKU: