Jumat, 10 Juni 2022

Mengenal Alat dan Bahan Praktikum Kebidanan I

  • Juni 10, 2022
  • Penerbit NEM

 


Praktikum dalam pendidikan vokasional kebidanan menempati proporsi yang sangat besar. Oleh karenanya, sangat diperlukan peralatan dan bahan yang menunjang dalam pelaksanaannya. Mahasiswa pada awal perkuliahan umumnya belum mengenal alat dan bahan yang digunakan dalam melakukan keterampilan (skill) kebidanan. Puluhan bahkan ratusan jenis alat dan bahan terkait keterampilan dalam praktikum kebidanan ini haruslah diketahui dan dikuasai oleh mahasiswa.

Alat-alat dan bahan yang digunakan untuk praktikum ini disimpan dan ditata di laboratorium sesuai dengan fungsi dan strata keamanan penyimpanan. Buku ini penulis sajikan untuk membantu mahasiswa baru untuk mengenal alat-alat dan bahan yang akan mereka gunakan dalam praktikum kebidanan. Buku ini pun dapat membantu mahasiswa lama (senior) untuk mengenal lebih dalam mengenai alat dan bahan yang sudah sering kali mereka gunakan.

Penulis memberikan narasi dari setiap alat dan bahan cukup detail dilengkapi dengan gambar dan fungsinya. Alat yang sama pada beberapa bab hanya akan diuraikan penjelasan dan gambarnya pada bab paling awal sehingga tidak berulang-ulang. Dengan demikian, buku ini diharapkan akan memudahkan mahasiswa mengetahui dan menguasai pembelajaran praktikum sekaligus keterampilan dalam menggunakan alat dan bahan khususnya pada praktikum keterampilan dasar kebidanan. Hal ini dapat mengefisienkan capaian pembelajaran. Wallahu a’lam bishawab.


Beli Buku: