Kamis, 03 Februari 2022

Hidrogel: Aplikasinya sebagai Soil Conditioner

  • Februari 03, 2022
  • Penerbit NEM


Perkembangan hidrogel telah merambah berbagai bidang kehidupan tak terkecuali bidang pertanian. Dalam bidang pertanian hidrogel dimanfaatkan sebagai pengemban pupuk maupun pestisida dan juga sebagai pembenah tanah (soil conditioner). Buku ini membahas pemanfaatan hidrogel sebagai pembenah tanah dengan bahan dasar alami kitosan, yang telah luas dimanfaatkan. Bersama dengan poliakrilamida dan TiO2 yang ditambahkan saat sintetis, terbukti bahwa hidrogel yang dihasilkan mampu meningkatan kualitas tanah. Kajian pengaruh hidrogel terhadap sifat fisika dan kimia tanah disajikan untuk memperkaya fungsinya sebagai pembenah tanah.

Buku ini juga menyajikan sintesis hidrogel, karakterisasinya dengan instrumen FTIR (Fourier Transform Infra Red) dan SEM (Scanning Electron Microscope). Kualitas hidrogel diuji antara lain daya swelling dan derajat ikat silang. Hidrogel yang dihasilkan menjadi menarik karena adanya TiO2 sebagai smart material yang dapat memperkaya fungsi hidrogel sebagai pembenah tanah.

Tidak banyak ditemukan buku yang membahas hidrogel secara lengkap dan dengan kajian yang luas. Untuk itulah buku ini hadir guna memperkaya khazanah ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan hidrogel sebagai pembenah tanah. Semoga buku ini dapat mengisi kekosongan tersebut dan membawa banyak manfaat bagi semua pembaca baik mahasiswa, peneliti atau siapa pun yang tertarik dengan kajian hidrogel. Wallahu a’lam bishawab.