Jumat, 13 September 2024

Potensi Daun Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb.) sebagai Antioksidan Beserta Identifikasi Struktur Senyawa Aktifnya

 


Tingginya radikal bebas dapat memicu stres oksidatif dan menyebabkan berbagai penyakit degeneratif. Sehingga, perlu antioksidan yang mampu menurunkan radikal bebas seperti antioksidan alami dari daun pandan wangi. Daun Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb.) berpotensi sebagai antioksidan karena mengandung senyawa metabolit sekunder berupa fenolik, tanin, saponin, serta flavonoid. Berdasarkan hal tersebut, buku ini dibuat untuk mengetahui senyawa metabolit yang terdapat pada daun pandan wangi yang berpotensi sebagai antioksidan.

 

Buku ini akan membahas mengenai uraian dan tahapan identifikasi daun pandan wangi, ekstraksi, fraksinasi, isolasi, pengujian kandungan senyawa metabolit sekunder, pengujian aktivitas antioksidan pada daun pandan wangi, serta identifikasi struktur senyawa aktifnya. Dengan ditulisnya buku ini, penulis berharap dapat menambah wawasan serta dapat digunakan sebagai sumber rujukan bagi mahasiswa, akademisi, dan masyarakat tentang potensi daun pandan wangi sebagai antioksidan. 


                           

                                                                   PEMBELIAN BUKU:



Selasa, 10 September 2024

Identifikasi Cacat pada Permukaan Mobil Menggunakan Metode K-Nearest Neighbors


Sebuah perusahaan bengkel perbaikan bodi yang menangani kerusakan permukaan pada kendaraan sangat diperlukan karena tampilan eksterior kendaraan memainkan peran penting dalam menciptakan kesan yang baik dan menarik bagi orang lain. Oleh karena itu, perusahaan bengkel bodi harus dapat beradaptasi dan mengikuti perkembangan zaman. Dengan menggabungkan solusi teknologi canggih, seperti pengolahan citra, perusahaan dapat merampingkan fase identifikasi, mengurangi kesalahan manusia, dan mengoptimalkan alokasi sumber daya perbaikan.

Masalah yang dibahas dalam buku ini adalah bagaimana mengklasifikasi permukaan bodi kendaraan sehingga model klasifikasi yang dibangun dapat meningkatkan akurasi dalam mengklasifikasikan permukaan bodi kendaraan. Langkah-langkah yang diambil dalam buku ini adalah mengumpulkan citra permukaan bodi kendaraan, dan kemudian data citra tersebut melalui proses preprocessing menggunakan median filtering untuk menghilangkan noise dan teknik segmentasi untuk meningkatkan hasil citra. Setelah preprocessing, langkah selanjutnya adalah mengekstraksi fitur berdasarkan tekstur menggunakan metode Gray Level Co-occurrence Matrix (GLCM) dan Statistical. Selanjutnya, citra-citra akan diklasifikasikan menggunakan metode K-Nearest Neighbors (KNN), dan akurasi yang didapatkan adalah 56,80% untuk k = 3. Setelah itu, model klasifikasi akan dievaluasi menggunakan Area Under the Curve (AUC), dan diperoleh nilai AUC sebesar 68,75%. Dengan pendekatan ini, perusahaan bengkel perbaikan bodi dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam mengklasifikasikan permukaan bodi kendaraan dengan memanfaatkan teknologi dan teknik pengolahan citra, sehingga memungkinkan alokasi sumber daya yang lebih baik dan hasil perbaikan yang lebih dapat diandalkan.


                           

                                                                   PEMBELIAN BUKU:


 

Potensi Limbah Kulit Buah Naga Merah (Hylocereus pyrhyzus) sebagai Pewarnaan Alternatif Pengganti Eosin pada Pewarnaan Telur Cacing Tambang (Hookworm)

 


Pewarna alami adalah zat warna alami (pigmen) yang diperoleh dari tumbuh-tumbuhan. Buah naga merah (Hylocereus polyrhizus) adalah salah satu jenis tanaman kaktus yang sangat potensial sebagai tanaman hias dan buah yang dapat dimakan. Kulit buah naga diketahui mengandung alkaloid, terpenoid, flavonoid, tiamin, fenolik, fitoalbumin, betalain, fenilpropanoid, triterpen, sterol, asam lemak yang dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami. Berdasar hal itu, pusat pelayanan kesehatan yang sulit mendapatkan atau kehabisan reagensia eosin dapat menggunakan alternatif limbah kulit buah naga merah (Hylocereus pyrhyzus) untuk pemeriksaan telur cacing Hookworm.

 

Buku ini akan membahas pemanfaatan limbah kulit buah naga (Hylocereus pyrhyzus) sebagai pewarna alternatif pada pewarnaan telur cacing tambang (Hookworm). Buku ini juga akan menjelaskan kandungan yang dimiliki buah naga dan juga membahas beberapa macam telur cacing yang dapat menginfeksi manusia. Harapannya, limbah kulit buah naga merah berpotensi untuk pemeriksaan telur cacing Hookworm sehingga yang dapat dijadikan pengganti reagensia eosin.


                           

                                                                   PEMBELIAN BUKU:

Senin, 09 September 2024

Buku Ajar Asuhan Kebidanan pada Masa Nifas dan Menyusui

 


Nifas merupakan masa yang dilalui oleh setiap wanita setelah melahirkan. Masa ini berlangsung sejak plasenta lahir sampai dengan 6 minggu setelah kelahiran atau 42 hari setelah kelahiran. Pada masa tersebut dapat terjadi komplikasi pengiriman baik secara langsung maupun tidak langsung. Masa nifas ini merupakan masa yang cukup penting bagi tenaga kesehatan khususnya bidan untuk selalu melakukan pemantauan terhadap ibu karena pelaksanaan yang kurang maksimal dapat menyebabkan ibu mengalami berbagai masalah, bahkan dapat berlanjut pada komplikasi masa nifas seperti sepsis puerperalis. Jika mengulas dari penyebab kematian ibu, infeksi merupakan penyebab kematian terbanyak nomor dua setelah pendarahan sehingga sangat tepat jika tenaga kesehatan memberikan perhatian yang tinggi pada masa ini.

 

Asuhan kebidanan nifas dan menyusui merupakan salah satu bidang ilmu yang bertujuan untuk membantu ibu nifas dalam proses penyembuhan pascabersalin. Tujuan tersebut tidak akan tercapai apabila tidak didukung dengan kajian ilmu kebidanan yang baik. Buku ini ditujukan untuk dosen kebidanan dan mahasiswa kebidanan sebagai bentuk pembelajaran mengenai pengkajian, pemeriksaan, serta penanganan permasalahan kesehatan yang terjadi pada masa nifas. Dan dapat mendukung para pelajar bidan agar dapat melakukan tindakan kebidanan sesuai dengan kondisi yang dialami ibu pada masa nifas.

                           

                                                                   PEMBELIAN BUKU:


Manajemen Sumber Daya Manusia

 


Manajemen sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi. Ini melibatkan di dalamnya pengambilan keputusan strategis, koordinasi aktivitas, dan pengawasan kinerja untuk memastikan bahwa tujuan organisasi tercapai secara efektif dan efisien. Manajemen, sebagai inti dari setiap organisasi, membutuhkan pemahaman yang menyeluruh dan pendekatan yang adaptif.

 

Budaya organisasi sebagai fondasi yang menentukan bagaimana sebuah organisasi berfungsi dan berkembang. Didukung budaya organisasi yang kuat dan positif dapat menjadi pendorong motivasi dan produktivitas maupun kemampuan kognitif yang memainkan peran penting dalam proses pengambilan keputusan dan pemecahan masalah dalam organisasi sehingga meningkatkan kinerja individu dan tim.

 

Motivasi sebagai bahan bakar yang menggerakkan tenaga kerja menuju tujuan organisasi. Dengan mengetahui teori motivasi dan strategi praktis dapat menciptakan lingkungan kerja yang penuh semangat dan dedikasi bagi seluruh karyawan. Kecerdasan emosional sebagai pendukung dalam konteks kepemimpinan dan manajemen dapat mengelola emosi sendiri dan berempati terhadap orang lain dapat memperbaiki hubungan kerja dan menyelesaikan konflik dengan lebih efektif, yang paling penting kesejahteraan karyawan sangat berpengaruh pada produktivitas dan kepuasan kerja.

 

Kinerja adalah hasil akhir dari berbagai faktor yang dibahas dalam buku ini. Harapannya dapat memberikan pendekatan sistematis untuk mengukur dan meningkatkan kinerja, serta bagaimana data kinerja dapat digunakan untuk mendorong inovasi dan pencapaian tujuan strategis. 

                          

                                                                   PEMBELIAN BUKU:


Panduan Komprehensif Pendidikan Dokter Gigi

 


Dokter gigi adalah profesi yang berkaitan dengan pencegahan dan pengobatan penyakit, baik jaringan keras maupun jaringan lunak di dalam rongga mulut. Untuk menjadi seorang dokter gigi, seseorang harus melalui pendidikan Sarjana Kedokteran Gigi selama 7 semester, yang diakhiri dengan ujian Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Komprehensif sebelum memasuki Program Profesi Dokter Gigi selama 4 semester dengan berbagai bentuk pekerjaan klinis, serta ujian Direct Observational Procedural Skills (DOPS) dan Mini Clinical Evaluation Exam (Mini-CEX).

 

Buku ini akan membahas aspek kedokteran gigi yang berkaitan dengan seluruh materi ujian OSCE Komprehensif, ujian DOPS, dan Mini-CEX secara lengkap dari bidang Ilmu Prosthodontia sampai bidang Ilmu Penyakit Mulut, dan beberapa contoh soal terdahulu. Harapannya, materi yang berada dalam buku ini dapat menambah pengetahuan kepada para pembaca sehingga dapat berhasil melalui pendidikan kedokteran gigi hingga lulus dengan hasil sangat memuaskan.

                          

                                                                   PEMBELIAN BUKU:


Minggu, 08 September 2024

Quality Control Produk Darah (Jilid 1)

 


Kontrol kualitas produk darah menjadi hal yang penting dalam pengelolaan bank darah ataupun unit transfusi darah, untuk menjamin ketersediaan komponen darah berkualitas tinggi dengan risiko minimal dan fungsi yang optimal dalam fungsinya sebagai obat bagi resipien. Oleh karena itu, diperlukan suatu manajemen kendali kontrol kualitas produk darah yang diproduksi oleh Unit Transfusi Darah pada umumnya. Dalam buku ini, akan dibahas mengenai kontrol kualitas tiga produk darah yaitu Whole Blood, Packed Red Cells, dan Thrombocyte Concentrate. Adapun masing-masing produk darah tersebut memiliki ciri khas karakteristik yang membedakan antara satu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu, perlakuan pengolahan, penyimpanan, pemeliharaan, sampai dengan distribusi membutuhkan cara spesifik masing-masing produk. Selain itu, untuk menjamin kontrol kualitas produk darah sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh Permenkes, maka pada masing-masing produk akan ditampilkan pula cara mengetahui mutu produk darah baik secara kualitatif dan kuantitatif. Dengan membaca buku ini, calon dan teknisi pengolahan darah dapat semakin memahami cara mengetahui mutu produk darah yang baik dan dapat didistribusikan pada resipien. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan latihan soal tipe Ujian Kompetensi Nasional bagi Teknisi Pelayanan Darah.

                          

                                                                   PEMBELIAN BUKU: