Kamis, 11 Juli 2024

Pemotongan PPh Pasal 21 sesuai PP 58 Tahun 2023 dan PMK 168 Tahun 2023 : TER (Tarif Efektif Rata-rata)

  • Juli 11, 2024
  • Penerbit NEM


Pemotongan PPh pasal 21 sesuai PP 58 Tahun 2023 dan PMK 168 Tahun 2023 merupakan buku pertama untuk seri PPh 21. Buku ini menjelaskan tentang batasan, penghitungan, dan pemotongan PPh pasal 21 berdasarkan Tarif Efektif Rata-rata (TER) yang merupakan aturan terbaru dan mulai berlaku pada tanggal 1 Januri 2024.

 

Buku ini menyajikan pemaparan siapa yang wajib melakukan pemotongan PPh 21 dan atas penghasilan apa saja yang wajib dipotong PPh 21 berdasarkan aturan terbaru.

 

Buku ini tidak hanya penting untuk dipahami oleh pemberi kerja, namun juga oleh penerima penghasilan, karena penerima penghasilan sebagai pihak yang dipotong PPh pasal 21 dapat melakukan penghitungan sendiri apakah PPh 21 yang dipotong dimaksud sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Buku ini ditulis dengan harapan dapat memberikan pemahaman terkait dengan penerapan TER dalam pemotongan PPh pasal 21 sebagaimana diatur dalam Undang-Undang dan Peraturan Perundang-Undangan Pajak yang berlaku. Mahasiswa, pembelajar pajak, karyawan, wajib pajak, dan tax officer dalam suatu institusi dapat memanfaatkan buku ini sebagai referensi.

 

Jenis-jenis pajak yang lain, antara lain PPh (untuk masing-masing sub jenis PPh), PPN (untuk masing-masing sub jenis PPN) akan diterbitkan secara spesifik pada buku-buku selanjutnya. Sanksi dan/atau tindakan hukum juga akan dipaparkan secara detail dalam buku-buku selanjutnya, antara lain pembahasan terkait dengan Surat Permintaan Penjelasan Data dan/atau Keterangan (SP2DK), Penagihan Pajak dengan Surat Paksa (PPSP), dan tema-tema pajak lainnya.

      

                                                                   PEMBELIAN BUKU: