Rabu, 03 Juli 2024

Eksistensi Jam’iyyah Rifa’iyah Temanggal : Sejarah, Karakteristik, dan Tantangannya

  • Juli 03, 2024
  • Penerbit NEM



Rifa’iyah merupakan organisasi masa Islam yang dibentuk oleh keturunan murid-murid Syekh K.H. Ahmad Rifa’i pada tahun 1991. Namun secara de facto perkumpulan ini telah terbentuk di pertengahan abad ke sembilan belas sebagai gerakan dakwah dan perlawanan terhadap penjajahan.

 

Sampai saat ini banyak masyarakat yang tidak mengenal Rifa’iyah. Ibarat sebuah pohon, Rifa’iyah merupakan akar yang selalu menelusup ke dalam tanah, menguatkan namun dianggap tidak ada. Hal ini dikarenakan pada tahun 1859 K.H. Ahmad Rifa’i ditangkap oleh pemerintah Kolonial Belanda dan diasingkan jauh dari murid-muridnya ke Ambon. Selain itu, ia juga dicap sebagai ulama penyebar ajaran sesat yang menghasut, membuat keresahan oleh pemerintah Kolonial Belanda. Oleh karena itu, terjadilah kesalahpahaman yang terjadi secara turun-menurun sampai saat ini oleh kalangan masyarakat terhadap Jama’ah Rifa’iyah.

 

Buku ini membahas tentang sejarah, karakteristik, dan tantangan yang dihadapi oleh warga Rifa’iyah di Temanggal. Secara lebih luas buku ini juga berusaha menjawab tentang perbedaan yang menjadi isu kesalahpahaman di masyarakat melalui contoh-contoh kegiatan yang dilakukan oleh para jama’ahnya. Harapannya buku ini dapat memberikan wawasan kepada masyarakat umum secara luas tentang Rifa’iyah, sehingga meleburkan kesalahpahaman yang terjadi di kalangan masyarakat.

    

                                                                   PEMBELIAN BUKU: