Minggu, 30 Juni 2024

Soil and Water Assessment Tool (SWAT) dalam Pengelolaan Daerah Aliran Sungai

  • Juni 30, 2024
  • Penerbit NEM



Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) merupakan tantangan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan sumber daya air. Buku ini menyajikan panduan komprehensif tentang penggunaan Soil Water Assessment Tool (SWAT), sebuah model hidrologi dan manajemen DAS yang canggih. Buku ini memberikan pemahaman mendalam tentang studi kasus, penyiapan data, pengoperasian, dan validasi model SWAT.

 

Dengan menggunakan model SWAT, buku ini membahas analisis erosi, sedimentasi, debit air, dan aliran permukaan sebagai bentuk evaluasi kesesuaian penggunaan lahan dan keberlanjutan pengelolaan air. Disertai dengan langkah-langkah rinci dan contoh aplikasi di lapangan, buku ini dirancang untuk membantu praktisi dan akademisi dalam menerapkan SWAT secara efektif dalam berbagai konteks pengelolaan DAS.

 

Dengan bahasa yang mudah dipahami dan pendekatan yang sistematis, buku ini diharapkan dapat menjadi referensi utama bagi siapa saja yang terlibat dalam pengelolaan DAS, serta meningkatkan kesadaran tentang pentingnya teknologi dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. Semoga buku ini memberikan kontribusi yang berarti dalam upaya menjaga dan memulihkan ekosistem DAS di Indonesia dan dunia.

   

                                                                   PEMBELIAN BUKU: