Rabu, 19 Juni 2024

Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank terhadap Inklusi Keuangan

  • Juni 19, 2024
  • Penerbit NEM



Kesehatan bank harus dipelihara dan ditingkatkan agar kepercayaan masyarakat terhadap bank dapat tetap terjaga. Tingkat kesehatan bank digunakan sebagai salah satu sarana dalam melakukan evaluasi terhadap kondisi dan permasalahan yang dihadapi bank serta menentukan tindak lanjut untuk mengatasi kelemahan atau permasalahan bank.

 

Keterkaitan antara tingkat kesehatan bank dan inklusi keuangan terdapat pada peran bank sebagai lembaga kepercayaan masyarakat. Bank memiliki peran penting terhadap peningkatan indeks inklusi keuangan dan pertumbuhan ekonomi.

 

Inklusi keuangan dapat diukur dengan ketersediaan dan aksesibilitas produk dan layanan keuangan di tengah masyarakat, serta penggunaannya. Produk dan layanan keuangan yang dimaksud mencakup seluruh produk dan layanan sektor jasa keuangan. Kegiatan perbankan yang mengarah ke digital menjadikan masyarakat mulai memahami peran perbankan secara luas sehingga inklusi keuangan dapat lebih berjalan.

 

Buku ini memuat tentang pengukuran tingkat kesehatan bank terhadap inklusi keuangan pada sektor perbankan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2018-2022. Penilaian tingkat kesehatan bank menggunkan komponen RGEC yaitu Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning dan Capital terhadap inklusi keuangan yang diukur dengan Index of Financial Inclusion (IFI).

 

                                                                   PEMBELIAN BUKU: