Sabtu, 15 Juni 2024

Asuhan Masa Nifas dan Menyusui

  • Juni 15, 2024
  • Penerbit NEM



Kegagalan memberikan ASI eksklusif dapat menimbulkan dampak jangka panjang terhadap tumbuh kembang bayi. ASI mengandung kolostrum, protein yang bertindak sebagai antibodi untuk melindungi terhadap infeksi dan mencegah kematian bayi. WHO telah menetapkan target pencapaian 80% pemberian ASI eksklusif, namun di beberapa negara target tersebut belum tercapai bahkan terjadi penurunan. Kelancaran produksi ASI dipengaruhi oleh banyak faktor seperti, frekuensi pemberian ASI, berat bayi saat lahir, usia kehamilan saat bayi lahir, usia ibu dan paritas, stres dan penyakit akut, inisiasi menyusu dini, keberadaan perokok, konsumsi alkohol, perawatan payudara, penggunaan alat kontrasepsi dan status gizi.

 

Buku ini akan membahas secara jelas fenomena menyusui di Indonesia, konsep masa nifas, manajenem laktasi yang baik dan benar, konsep ASI dan upaya meningkatkan produksi ASI dengan pijat perawatan payudara serta berbagai metode pijat diantaranya pijat oksitosin, pijat oketani, pijat massage, dan pijat woolwich.

 

Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami serta prosedur yang jelas, sehingga buku dapat menjadi referensi bagi mahasiswa, tenaga kesehatan serta khalayak umum.

 

                                                                   PEMBELIAN BUKU: