Minggu, 10 Desember 2023

Analisis Produktivitas dan Efisiensi Usahatani Padi Gogo

  • Desember 10, 2023
  • Penerbit NEM

 


Padi dataran tinggi, yang dikenal sebagai padi gogo, adalah varietas padi yang ditanam di sawah tadah hujan tanpa perlu irigasi. Ini biasanya dibudidayakan di daerah dataran tinggi dengan kondisi lahan kering dan curah hujan tahunan berkisar antara 1.000 hingga 4.500 milimeter, padi gogo dapat tumbuh subur dalam kondisi yang lebih kering, sehingga cocok untuk penanaman di lingkungan yang beragam.

 

Varietas padi gogo memainkan peran penting dalam ketahanan pangan global, terutama di negara-negara berkembang di mana berkontribusi pada mata pencaharian jutaan petani kecil. Ini adalah sumber makanan pokok bagi lebih dari setengah populasi dunia dan menyediakan nutrisi penting, termasuk karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

 

Beberapa manfaat utama dari budi daya padi gogo antara lain kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan yang beragam, efisiensi sumber daya, menyediakan nutrisi penting bagi kesehatan dan perkembangan manusia berkontribusi signifikan terhadap mata pencaharian petani kecil dan masyarakat pedesaan, memberikan pendapatan, dan ketahanan pangan.

 

Buku ini membahas karakteristik usahatani padi gogo khususnya cara budi daya, karakteristik DMU, pendapatan dari usahatani, faktor-faktor yang memengaruhi produktivitas, serta efisiensi teknis usahatani padi gogo. Data, analisis, serta argumentasi dalam buku ini disajikan dengan bahasa ilmiah yang sederhana dan contoh kasus yang aktual. Harapannya, dapat menambah pengetahuan, referensi, serta pedoman kepada para pembaca sehingga ketergantungan pada pangan yang sumber penghidupannya pada kebutuhan air yang tinggi dapat teratasi dan menjadi solusi alternatif.


                                                               PEMBELIAN BUKU: