Rabu, 30 Agustus 2023

Pengantar Bahasa Indonesia

  • Agustus 30, 2023
  • Penerbit NEM

        




Bahasa merupakan identitas yang digunakan sebagai alat komunikasi antarindividu. Bahasa juga mempermudah kegiatan berkomunikasi dan segala aktivitas kita. Manusia sebagai makhluk hidup yang tidak bisa hidup sendiri tentunya tidak lepas dalam hal berkomunikasi. Dengan demikian, sebagai warga negara sebaiknya memakai bahasa Indonesia yang tepat agar terciptanya persatuan dan kesatuan berbangsa.

 

Buku ini dibuat untuk memberikan informasi mengenai pentingnya pembelajaran bahasa Indonesia bagi mahasiswa dan umum. Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang harus dilestarikan dan diperhatikan kaidahnya. Penggunaan bahasa Indonesia masih banyak mengalami ketidaktepatan karena kurang sadarnya kita mengenai pentingnya memperhatikan kaidah, ejaan, dan ketepatan dalam penulisan maupun pengucapan bahasa Indonesia. Pemakaian bahasa Indonesia yang tepat sudah diperkenalkan sejak di sekolah dasar hingga ke perguruan tinggi. Dengan diperkenalkan penggunaan bahasa yang baik diharapkan menumbuhkan rasa cinta terhadap bangsa Indonesia serta menjadi tanggung jawab bersama untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Buku ini membahas tentang fungsi dan ragam dari bahasa, sejarah perkembangan ejaan, penggunaan ejaan yang baik dan benar dalam tulisan, betuk dan makna dalam bahasa Indonesia, kalimat dan jenis kalimat, paragraf dan jenis paragraf, cara menentukan topik, judul dan kerangka karangan sampai akhirnya dapat menulis karangan yang sesuai dengan kaidah yang berlaku. Materi buku ini sangat tepat dijadikan sebagai pengantar dan pedoman berbagai kebutuhan penulisan. Buku ini juga sangat perlu dimiliki para pelajar, mahasiswa, guru, dosen, maupun akademis, penulis, penerbitan, editor, jurnalis bahkan masyarakat luas sekali pun.

 


                                                              PEMBELIAN BUKU: