Selasa, 11 Juli 2023

LAKTASI (Lambang MengASIhi dalam Berbagai Tantangan Keadaan dan Kondisi)

  • Juli 11, 2023
  • Penerbit NEM

                             




Memberikan yang terbaik bagi anak adalah keinginan setiap orang tua, termasuk juga memberikan nutrisi terbaik sejak awal kehidupan, yaitu Air Susu Ibu (ASI). Mengutip dari salah satu referensi pada buku ini menyebutkan bahwa ASI adalah Liquid gold from the milk bar” menggambarkan keistimewaan kandungan ASI. ASI telah terbukti menjadi standar emas makanan pertama dalam kehidupan manusia. Bahkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ASI bukan hanya sekedar makanan, tetapi merupakan bentuk keajaiban. Banyak penelitian membuktikan bahwa ASI adalah zat yang “hidup”. Penelitian tentang komponen yang terkandung di dalam ASI sudah sangat banyak dan tidak henti terus dilakukan. ASI disebutkan juga “Breastmilk is a thing of beauty”, istilah yang digunakan untuk menggambarkan keindahan ASI yang mampu berubah-ubah komposisinya dengan tepat berdasarkan situasi dan kondisi guna memenuhi kebutuhan bayi dan menyesuaikan dengan keadaan ibu. ASI serupa misteri kesempurnaan ciptaan Tuhan, sehingga tidak ada pilihan lain bagi setiap ibu selain dengan memberikannya kepada buah hati.

 

Menyusui atau laktasi merupakan salah satu tahapan yang dilewati oleh wanita dalam menjalankan peran reproduksinya. Namun kadangkala terjadi kondisi yang membutuhkan pemahaman khusus agar dapat melewati masa laktasi dengan baik. Oleh karena itu, ditulislah buku ini dengan judul LAKTASI (Lambang MengASIhi dalam Berbagai Tantangan Keadaan dan Kondisi). Buku ini terdiri atas empat bagian yang terbagi atas 11 bab, yaitu:

 

Bagian I    : Pengetahuan Umum Laktasi (Bab 1 ASI Nutrisi Terbaik Awal Kehidupan, Bab 2 Komposisi dan Produksi ASI, Bab 3 Anatomi dan Fisiologi Laktasi, Bab 4 Faktor Penunjang Keberhasilan Laktasi, Bab 5 IMD, ASI Eksklusif, dan ASI hingga 2 Tahun, Bab 6 Masalah dan Kesulitan dalam Menyusui)

Bagian II    :  Laktasi pada Ibu Bekerja (Bab 7 Laktasi pada Ibu Bekerja, Bab 8 Praktik Pengelolaan dan Pemberian ASI Perah)

Bagian III   :  Laktasi pada Pandemi Covid-19 (Bab 9 Laktasi pada Pandemi Covid-19)

Bagian IV  : Laktasi pada Kondisi Khusus Lain (Bab 10 Laktasi dengan Bayi Meninggal dan Bab 11 Laktasi pada Ibu dengan Kanker Payudara)

                                                    PEMBELIAN BUKU: