Kamis, 13 Juli 2023

Implementasi SWOT Analysis & Interpretative Structural Modelling dalam Program Pengembangan Profesional : Studi Kasus pada Agen Asuransi Jiwa

  • Juli 13, 2023
  • Penerbit NEM

      




Dunia industri termasuk industri asuransi, tidak terlepas dari imbas pusaran disrupsi yang terjadi. Pasar asuransi global mengalami pergeseran model bisnis yang dipicu oleh teknologi baru, meliputi model bisnis digital-first dan kolaborasi perusahaan asuransi tradisional dengan perusahaan start-up. Buku monograf ini mengulas fenomena perkembangan industri asuransi jiwa terkini, implementasi analisis perusahaan asuransi jiwa berbasis Strength, Weakness, Opportunity, and Thread (SWOT), serta pelatihan berkelanjutan bagi agen iGeneration.

 

Pelatihan agen asuransi jiwa dilakukan secara reguler dan terstruktur agar agen asuransi jiwa dapat menyesuaikan dengan perubahan, dengan menerapkan teknologi digital pada proses bisnis asuransi jiwa. Professional Development Program dianalisis berdasarkan Interpretative Structural Modelling (ICM) untuk menemukan sub-elemen kunci masing-masing elemen tujuan program, kebutuhan program, kendala program, dan perubahan yang dimungkinkan berperan mendorong keberhasilan program. Pelatihan pengembangan yang diperlukan agen asuransi jiwa harus disesuaikan dengan kebutuhan Generasi Z, yakni pelatihan yang bersifat teknis, pelatihan yang fokus pada menegakkan integritas, serta pelatihan produk asuransi jiwa dengan penyajian yang lebih menarik dengan memanfaatkan teknologi digital.

 

Buku monograf ini dapat menjadi salah satu referensi di bidang pengembangan sumber daya manusia dan pengayaan bahan ajar pada mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia.

 

                                                     PEMBELIAN BUKU: