Kamis, 13 April 2023

Mencegah Luka Tekan pada Pasien Stroke

  • April 13, 2023
  • Penerbit NEM

 



Pasien yang mengalami serangan stroke akan mengalami kelemahan fisik dan defisit dalam pemenuhan aktivitas sehari-hari, sehingga pasien stroke harus tirah baring di atas tempat tidur dalam waktu yang cukup lama, hal ini mengakibatkan terjadinya penekanan pada daerah tertentu dan mendukung kejadian luka tekan. Gangguan mobilitas adalah faktor yang paling signifikan dalam kejadian luka tekan. Oleh sebab itu, pencegahan luka tekan sebaiknya difokuskan pada upaya mencegah tekanan yang berlebihan dan terus-menerus.

 

Pencegahan luka tekan sebaiknya lebih berfokus pada upaya mencegah tekanan yang berlebihan serta memperbaiki faktor-faktor rIsiko lainnya. Pencegahan luka tekan merupakan peran perawat dalam upaya memberikan pelayanan keperawatan pada pasien. Upaya pencegahan terjadinya luka tekan dilakukan sedini mungkin sejak pasien teridentifikasi berisiko mengalami luka tekan.

 

Buku ini akan membahas posisi miring 30° dapat mencegah terjadinya luka tekan pada pasien stroke, serta hindari posisi miring 90° dikarenakan dapat menimbulkan kerusakan suplai oksigen yang sangat dramatis pada area trokanter dan sakral dibandingkan dengan pasien yang diposisikan miring 30°. Posisi ini terbukti menjaga pasien terbebas dari penekanan pada area trokanter dan sakral. Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana dan contoh kasus yang aktual. Harapannya, hal yang demikian itu dapat menambah pengetahuan.

                                                                PEMBELIAN BUKU: