Senin, 10 Januari 2022

Daun Kelor: Alternatif dalam Meningkatkan Hemoglobin Remaja Putri

  • Januari 10, 2022
  • Penerbit NEM


Buku ini merupakan monograf hasil penelitian lanjutan dari hasil penelitian sebelumnya yang juga telah dijadikan buku (berjudul: ‘Asupan Zat Besi Remaja Putri‘) tahun 2021 yang lalu. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa asupan zat besi sebagian besar remaja putri dengan kategori defisit di salah satu SMP Islam Padang, merupakan salah satu penyebab rendahnya kadar Hb remaja putri di sana. Keadaan rendahnya kadar Hb ini biasa kita menyebutnya dengan “anemia”.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah anemia pada remaja putri adalah memanfaatkan tanaman lokal yang ada pada masyarakat yaitu daun kelor. Daun kelor memiliki kandungan zat besi dan vitamin cukup tinggi. Daun kelor adalah daun dari pohon kelor yang mengandung berbagai zat gizi makro dan mikro serta bahan-bahan aktif yang bersifat sebagai antioksidan.

Semoga tujuan dari penulisan buku ini tercapai, yaitu pembaca mengetahui manfaat tanaman daun kelor sebagai salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan kadar hemoglobin darah, khususnya pada remaja putri yang mengalami anemia.

Beli Buku: