Jumat, 31 Desember 2021

Buku Pedoman Teknik Pemeriksaan Kimia Darah

  • Desember 31, 2021
  • Penerbit NEM

 


Buku Pedoman Teknik Pemeriksaan Kimia Darah ini digunakan sebagai pedoman bagi tenaga Ahli Teknologi Laboratorium Medis (ATLM) dan bagi mahasiswa terutama mahasiswa Jurusan Teknologi Laboratorium Medis (TLM) dalam melakukan pemeriksaan laboratorium terutama Pemeriksaan Kimia Darah. Buku ini dilengkapi dengan tahapan-tahapan pemeriksaan di laboratorium yaitu:

Bab 1 Tahap Praanalitik. Berisikan materi mengenai persiapan pasien dan hal-hal yang harus diperhatikan oleh pasien, pengolahan specimen darah, penyimpanan, dan pengiriman specimen.

Bab 2 Tahap Analitik. Berisikan landasan teori setiap jenis pemeriksaan kimia darah rutin serta prosedur pemeriksaan secara lengkap berbahasa Indonesia dan diakhiri di setiap prosedur 1 jenis pemeriksaan dengan daftar pustaka.

Bab 3 Tahap Pascaanalitik. Berisikan pencatatan dan pelaporan hasil, yang terdiri dari validasi hasil, penulisan hasil pemeriksaan, dan pencantuman nilai rujukan.

Dengan adanya tahapan-tahapan ini diharapkan mahasiswa lebih percaya diri untuk melakukan pemeriksaan laboratorium terutama pemeriksaan laboratorium kimia darah.