Kamis, 16 Desember 2021

BUKU AJAR GIZI EKSPERIMENTAL

  • Desember 16, 2021
  • Penerbit NEM


Kualitas gizi ditentukan melalui kajian mendalam yang melibatkan mahluk hidup dengan melakukan pendekatan-pendekatan pada fisiologis manusia. Bioassay merupakan salah satu metode sangat penting dalam kehidupan manusia karena terkait dengan zat gizi/fitokimia yang berasal dari bahan hasil pertanian maupun makanan/minuman tubuh yang dapat diujikan pada hewan atau relawan manusia.

Buku ini membahas mengenai kajian-kajian terkait dengan eksperimen penentuan kualitas gizi, yang dimulai dari bioassays meliputi pengertianperspektif umum animal dan human research, kode etik penggunaan hewan percobaan, teknik bioassay, dan syarat kelancaran bioassay. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan hewan sebagai model percobaan dan manusia sebagai partisipan/relawan dalam gizi biomedis. Pada bagian akhir, dibahas mendetail mengenai daya cerna karbohidrat dan daya cerna protein sebagai zat gizi makro, mulai dari pengertian, proses pencernaan, metabolisme, hingga evaluasi daya cerna keduanya yang meliputi determinasi nilai glikemik karbohidrat serta determinasi nilai protein efficiency ratio, biological value, dan net protein utilization.

Melalui buku ini, pembaca dapat memahami pemilihan metode dan jenis hewan coba yang sesuai dengan tujuan bioassay. Hal ini menjadi penting karena terkait tujuan yang spesifik. Hal yang sama juga dalam mencari relawan yang mau ikut berpartisipasi dalam uji coba klinis, sebab manusia adalah makhluk hidup yang perlu dilindungi kesehatannya dari paparan bahan kimia dan radiasi peralatan teknologi tinggi.