Senin, 15 November 2021

Tetap Bersemi Meski Pandemi: Resilient Leadership (Menavigasi Krisis Menjadi Peluang)

  • November 15, 2021
  • Penerbit NEM


Akhir tahun 2019, seluruh masyarakat dunia digemparkan dengan munculnya corona virus atau yang disebut juga Covid-19. Covid-19 menjadi salah satu penyakit mematikan karena memakan ribuan korban di seluruh dunia dalam waktu cukup singkat. Akhirnya WHO menyebutkan virus ini sebagai salah satu pandemi global.

Dampak munculnya pandemi Covid-19 menyerang berbagai aspek kehidupan, khususnya ekonomi. Ada banyak perusahaan mengalami kebangkrutan, pengurangan karyawan, hingga memutuskan untuk menutup usaha yang telah lama berdiri.

Sebagai pemimpin yang tangguh, sudah sewajibnya Anda mampu bertahan di tengah gempuran masalah, termasuk munculnya pandemi Covid-19. Pemimpin tangguh memiliki kemampuan untuk bertahan melalui masa-masa sulit dan mempertahankan tingkat energi di bawah tekanan. Kepemimpinan yang tangguh membantu orang mengelola perubahan dalam organisasi dan beradaptasi dengan tantangan.

Selain bangkit, seorang pemimpin juga harus mampu mencari berbagai peluang baru. Jika masa krisis sedang terjadi dan tidak pintar mencari peluang, maka akan tertinggal jauh dari yang lainnya. Ada beberapa hal yang dilakukan oleh orang tangguh secara emosional, yakni: mengakui emosi, menerima tanggung jawab, belajar menafsir positif maksud dari emosi, menguasai emosi melalui fisiologi, mengontrol makna peristiwa melalui fokus, membentuk sistem kepercayaan, memahami kekuatan pertanyaan, mengatur self-talk dan batin, sekaligus mengontrol emosi dengan mempertanyakan akibat dari segala emosi yang dikeluarkan. Dengan menggunakan kebiasaan ini, seorang pemimpin pasti berhasil menangkap segala peluang bisnis, bahkan di tengah pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan akan berakhir.