Senin, 15 November 2021

Riset Pasar Ekspor melalui Internet

  • November 15, 2021
  • Penerbit NEM


Riset pasar adalah suatu langkah kritis menuju sukses dalam bisnis ekspor. Riset pasar ekspor pada dasarnya adalah kombinasi yang pas antara produk dan pasar.

Riset pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika kita harus turun langsung berkunjung ke negara tujuan ekspor potensial. Pada era digital sekarang ini, riset pasar ekspor melalui internet menjadi pilihan karena cepat, mudah, dan lebih efisien terutama dari sisi waktu dan biaya.

Buku ini akan membantu UKM ekspor mengatasi masalah tersebut dengan membekali ketrampilan riset pasar ekspor secara online melalui pemanfaatan situs-situs atau website perdagangan internasional.

Pertanyaan klasik bagi setiap UKM yang akan memulai ekspor maupun yang akan melakukan penetrasi (perluasan) pasar ekspor antara lain persiapan riset pasar ekspor, bagaimana mengidentifikasi peta ekspor dunia, bagaimana menentukan negara tujuan ekspor, siapa pesaing kita, bagaimana performance negara tujuan ekspor, bagaimana standar produk pasar ekspor, dan bagaimana mencari pembeli. Mari kita temukan jawaban tersebut dengan mengikuti langkah-langkah riset pasar ekspor yang dibahas dalam buku ini.