Minggu, 28 November 2021

Kupas Tuntas Soal AKM Numerasi: Siap Hadapi Asesmen Nasional 2022

  • November 28, 2021
  • Penerbit NEM


Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Pada Asesmen Nasional, nantinya mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter), kualitas proses belajar-mengajar, dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Nantinya, akan ada tiga instrumen penilaian pada Asesmen Nasional, yakni: Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM: 1. literasi membaca 2. literasi matematika (numerasi). Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika.

Asesmen Nasional tahun 2021 sudah dilaksanakan yang diawali dengan simulasi dan gladi AN. Buku ini merupakan kumpulan soal-soal AKM simulasi AN 2021 dan soal AKM dari berbagai sumber yang dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan serta ayo berlatih untuk mencoba pemahaman siswa. Buku ini juga dilengkapi dengan keindahan, keunikan, dan keajaiban matematika agar siswa bertambah wawasan dan kesukaannya terhadap matematika. Buku ini disusun untuk memudahkan siswa dan guru dalam belajar memahami soal-soal AKM. Terbitnya buku ini diharapkan dapat membantu siswa dan guru dalam menghadapi Asesmen Nasional (AN) tahun mendatang.