Minggu, 28 November 2021

Konseling dan SMS Reminder untuk Meningkatkan Kepatuhan Keluarga dalam Mendampingi Pengobatan Pasien dengan Gangguan Jiwa

  • November 28, 2021
  • Penerbit NEM


Buku tentang konseling dan SMS reminder disusun berdasarkan hasil penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus pada keluarga pasien dengan gangguan jiwa, studi literatur, FGD (Fokus Group Discussion) dengan dokter dan perawat penanggung jawab kesehatan jiwa di puskesmas serta konsultasi pakar. Buku ini digunakan sebagai pedoman dalam melakukan intervensi konseling dan SMS reminder untuk meningkatkan kepatuhan keluarga dalam merawat pasien dengan gangguan jiwa.

Buku pedoman intervensi ini dibuat berdasarkan teori self care orem. Teori orem menjelaskan bahwa apabila self care agency tidak sebanding dengan self care demand, maka akan terjadi self care deficit pada seseorang individu. Model ini tepat dilakukan pada keluarga karena tujuan akhir dari keperawatan keluarga adalah kemandirian keluarga dalam upaya pelayanan kesehatan terkait dengan lima tugas kesehatan keluarga yaitu mengenal masalah, mengambil keputusan untuk mengatasi masalah, merawat anggota keluarga, memodifikasi lingkungan dan menggunakan fasilitas pelayanan kesehatan secara tepat. Konseling dan SMS reminder merupakan intervensi yang dapat meningkatkan kepatuhan keluarga dalam melakukan perawatan pada anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa. Buku ini berisi materi yang telah disesuaikan dengan tema yang teridentifikasi pada penelitian tahap pertama. Buku ini diperuntukkan bagi petugas kesehatan penanggung jawab kesehatan jiwa di puskesmas yang dilengkapi dengan materi dan SPO (Standar Prosedur Operasional).