Minggu, 07 November 2021

Dasar Kependudukan

  • November 07, 2021
  • Penerbit NEM

 

Penduduk merupakan faktor utama dalam perencanaan, karena tidak hanya berperan sebagai objek tetapi sekaligus subjek pembangunan. Oleh karena itu, untuk menunjang keberhasilan pembangunan diperlukan perkembangan penduduk yang menguntungkan dalam pembangunan, Indonesia sebagai negara yang sedang berkembang dianggap mempunyai masalah kependudukan dengan jumlah penduduk besar disertai tingkat pertumbuhan yang relatif tinggi dengan kualitas dan kuantitas tidak seimbang, persebaran penduduk yang tidak merata, serta mobiltas penduduk begitu cepat.

Kependudukan, dalam hal ini penduduk merupakan pusat dari seluruh kebijaksanaan dari program pembangunan yang berbasis kependudukan. Kependudukan pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan dari pembangunan manusia seutuhnya yang bersifat multidimensional dan terkait dengan berbagai aspek kehidupan, baik dalam perencanaan pembangunan, data tentang kependudukan memegang peranan penting. Ketersediaan dan kualitas data demografi yang sangat memadai merupakan hal penting dan mendasar dalam perencanaan pembangunan, termasuk di dalamnya perumusan kebijakan kesehatan, karena keberhasilan pembangunan memerlukan jenis data yang dapat memberikan gambaran sejauh mana penduduk mendapatkan pelayanan yang baik di berbagai bidang khususnya bidang kesehatan serta mengupas komponen penduduk yaitu fertilitas beserta nilai anak dan Keluarga Berencana (KB), mortalitas, dan migrasi/transmigrasi.

Buku ini disajikan dalam bahasa sederhana semoga insan pemerhati kependudukan dan seluruh pembaca khusus mahasiswa dapat menambah wawasan/pengetahuan tentang konsep teori kependudukan dan perkembangannya, serta dapat menganalisis dan menghitung tingkat perubahan setiap komponen kependudukan.