Senin, 15 November 2021

Berbahasa Produktif melalui Keterampilan Berbicara: Teori dan Aplikasi

  • November 15, 2021
  • Penerbit NEM

 


Keterampilan Berbicara merupakan salah satu jenis keterampilan berbahasa ragam lisan yang bersifat produktif. Sehubungan dengan keterampilan berbicara ada 3 jenis situasi berbicara yaitu interaktif, semi interaktif, dan noninteraktif. Situasi berbicara interaktif misalnya percakapan secara tatap muka dan berbicara lewat telepon yang memungkinkan adanya pergantian berbicara dan menyimak serta memungkinkan kita meminta penjelasan, pengulangan atau kita dapat meminta lawan berbicara memperlambat tempo berbicara dari lawan bicara. Kemudian ada juga situasi berbicara semi interaktif, misalnya kegiatan berpidato di depan khalayak umum secara langsung.

Buku Berbahasa Produktif melalui Keterampilan Berbicara merupakan salah satu dari sekian banyak buku yang membahas tentang salah satu keterampilan berbahasa. Salah satunya yang menjadi pokok pembahasan pada buku ini adalah keterampilan berbicara. Namun demikian, penulis berusaha menyajikan dengan lebih lengkap dan jelas. Dalam buku ini dibahas hal-hal yang berkaitan dengan (1) Bahasa dan Aspek-aspeknya; (2) Kegiatan Berbahasa dan Aspeknya; (3) Keterampilan Berbicara; (4) Teknik Berbicara; (5) Seni Berbicara dan Aspek Pendukungnya; (6) Metode Berbicara; (7) Berbicara untuk Berkomunikasi; (8) Pembelajaran Berbicara; (9) Aplikasi Keterampilan Berbicara (Diskusi dan Debat).

Kelebihan buku ini adalah cara penyampaiannya yang lugas dengan kalimat efektif dan komunikatif. Pembahasannya pun disajikan secara runtut sehingga akan sangat memudahkan para pembaca dalam memahami isi dari buku ini. Sebagaimana harapan penulis, buku ini diharapkan dapat memenuhi sebagian kecil sarana dalam pengajaran bahasa khususnya pengajaran keterampilan berbicara sebagai bahasa produktif. Buku ini terutama ditujukan kepada para mahasiswa yang senantiasa rajin menggali tentang bahasa. Namun, tentunya dapat juga dimanfaatkan oleh para pengajar bahasa Indonesia baik pada dosen maupun guru.