Selasa, 19 Oktober 2021

PENGEMBANGAN WILAYAH DI DAERAH BERBASIS PERTANIAN

  • Oktober 19, 2021
  • Penerbit NEM

 

Pengembangan wilayah bukanlah memperluas wilayah administrasi melainkan menggali potensi sumber daya yang ada dalam suatu wilayah agar wilayah tersebut dapat berkembang. Menemukan sumber daya yang potensial untuk dikembangkan dalam suatu wilayah, bukanlah perkara mudah, harus melalui proses dan analisis wilayah yang mendalam, buku ini mengulas aplikasi dan teori pengembangan wilayah dalam menemukan potensi wilayah suatu daerah yang dapat dikembangkan ke depan.

Firman Allah dalam surah ar-Rahman ayat (7): Dan langit telah ditinggikan-Nya dan dia ciptakan keseimbangan; pada ayat (8): Agar kamu jangan merusak keseimbangan itu; pada ayat (9): Dan tegakkanlah keseimbangan itu dengan adil dan jangan kamu mengurangi keseimbangan itu; pada ayat (10): Dan bumi telah dibentangkan-Nya untuk mahluk (Nya); ayat (11): Di dalamnya ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang; ayat (12): Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum baunya; dan pada ayat (13): Maka nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang kamu dustakan. Firman Allah ini menyiratkan bahwa alam ini telah diciptakanNya dalam keseimbangan dengan segala potensinya, tinggal bagaimana kita menemukan dan mengelolanya dengan baik.

Kalau begitu, pada dasarnya tidak ada wilayah atau daerah yang miskin, yang ada adalah pengelolaan sumber daya wilayah yang tidak pada tempatnya sehingga menyebabkan penduduknya menjadi miskin.