Jumat, 29 Oktober 2021

Antologi Tulisan di Ujung Pena Siswa

  • Oktober 29, 2021
  • Penerbit NEM

 

Sungguh membanggakan sekali rasanya ketika siswa-siswi kami menuangkan gagasan mereka lewat sebuah tulisan. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tak menghalangi keinginan kami untuk menyentuh kreativitas siswa lewat tulisan-tulisan yang mereka ciptakan. Selain itu, secara tidak langsung kami ingin mengajak siswa berdamai dengan waktu dan keadaan yang karena masa pandemi ini mengharuskan mereka belajar di rumah.

Ada beberapa tema yang kami tawarkan pada siswa yaitu Hijaunya Sekolahku, Andai Aku menjadi Menteri Lingkungan Hidup, dan Cerita Inspiratif. Dari tema-tema tersebut siswa diarahkan dan dibimbing menciptakan sebuah tulisan yang menarik dan bermanfaat bagi para pembaca. Pembimbingan dan diskusi daring dilakukan oleh guru bahasa Indonesia serta beberapa guru yang kompeten di bidangnya. Selanjutnya kami juga melakukan penyeleksian tulisan siswa. Alhamdulillah, tulisan berasal dari siswa kelas VII-IX di SMP Swasta Siti Hajar dan terdapat 180 judul cerita. Tulisan-tulisan ini selanjutnya kita jadikan sebuah buku berjudul “Antologi Tulisan: Di Ujung Pena Siswa”.

Tema Hijaunya Sekolah merupakan pendeskripsian sudut pandang siswa mengenai suasana dan kondisi sekolah yang siswa rasakan. Cerita ini secara tidak langsung menggambarkan kondisi sekolah secara ‘jujur’ kepada para pembaca. Tema Andai Aku menjadi Menteri Lingkungan Hidup merupakan tulisan-tulisan yang menggambarkan harapan atau mimpi siswa terhadap kelestarian alam dan lingkungan. Dengan membaca antologi ini kita merasa kagum dan sangat bangga bahwa siswa kita ternyata memiliki potensi berpikir kritis untuk menciptakan kelestarian alam dan lingkungan. Selanjutnya, tema ketiga yaitu, Cerita Inspiratif merupakan tulisan yang menggambarkan inspirasi siswa dari hal-hal yang mereka baca, lihat, dan amati. Lewat pengamatan ini ternyata memunculkan sebuah inspirasi yang sangat positif bagi siswa pribadi. Inspirasi tersebut menciptakan sebuah energi baru yang positif serta menciptakan paradigma yang ‘tak biasa’ kepada siswa tentang sesuatu hal yang baik, meskipun disampaikan dengan diksi yang sederhana.

Antologi tulisan siswa ini merupakan sebuah antologi yang sangat menarik dan bermanfaat untuk kita baca dan miliki. Lewat antologi ini kita bisa menginterpretasikan betapa siswa kita -tidak hanya di sekolah kami tentunya- memiliki impian mereka tentang masa depan. Ya, mereka memiliki rencana yang luar biasa demi keberlangsungan hidup dan kehidupan ini. Bahasa mereka yang sederhana dan cenderung berulang merupakan suatu hal yang menjadikan antologi ini menjadi lebih unik. Semoga lewat tulisan-tulisan ini bisa memberikan inspirasi kepada pembaca pada umumnya untuk menemukan hal-hal baru yang bermanfaat. Selamat membaca.