Selasa, 14 September 2021

TPS-TEGA: Penerapannya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Inggris

  • September 14, 2021
  • Penerbit NEM

 

Kemajuan teknologi serta era globalisasi menuntut peserta didik harus lebih menguasai bahasa Inggris, mengingat bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Kehadiran guru yang tidak pernah absen, buku yang digunakan adalah buku yang sudah teruji isinya, persiapan mengajar dengan rencana program yang dibuat setiap tatap muka, ternyata belum dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Banyak faktor yang menentukan tinggi rendahnya, baik-buruknya hasil belajar antara lain: teknik mengajar, media belajar, metode mengajar, faktor siswa, dan faktor gurunya sendiri juga lingkungan sangat menentukan.

Selain itu, bahasa Inggris juga bukan bahasa Ibu, sehingga sebagian besar peserta didik kurang antusias dalam belajar. Maka untuk memotivasi para peserta didik agar semangat belajar dan meningkatkan hasil belajar mereka, perlu adanya model pembelajaran dan game yang menarik, salah satunya yaitu dengan model TPS (Think Pair and Share) dipadu dengan scramble dan make a match game.

Pembelajaran kooperatif model Think Pair Share ini relatif lebih sederhana karena tidak menyita waktu yang lama untuk mangatur tempat duduk ataupun mengelompokkan peserta didik. Pembelajaran ini melatih peserta didik untuk berani berpendapat dan menghargai pendapat teman. Sedangkan scramble game adalah permainan menyusun kata atau kalimat yang acak dan make a match game adalah memasangkan kata atau kalimat dengan pasangan yang tepat. Oleh karena itu, buku ini dibuat sebagai salah satu referensi para pengajar untuk mengajar Bahasa Inggris di kelas dengan model TPS-TEGA yang menyenangkan.