Kamis, 09 September 2021

Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan Masyarakat

  • September 09, 2021
  • Penerbit NEM

 

Upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat sebagian besar mengandalkan intervensi program dari pemerintah maupun pihak ketiga (swasta), dibanding usaha dari individu warga itu sendiri. Perencanaan dan Evaluasi sesuai siklus program perlu dipahami dengan baik dan komprehensif oleh semua kalangan demi menghasilkan program kesehatan yang tepat sasaran serta berkualitas.

Buku Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan Masyarakat ini menjabarkan secara terperinci unsur penting dalam perencanaan dan evaluasi program terdiri 9 Bab yang mencakup: konsep perencanaan dalam kesehatan masyarakat; siklus pemecahan masalah; analisis situasi kesehatan masyarakat serta identifikasi dan perumusan masalah yang baik; prioritas masalah dan metode-metode dalam memprioritaskan masalah; penentuan akar penyebab masalah dan mengkonsep tujuan program; langkah-langkah dalam membuat rencana operasional atau plan of action; supervisi dan analisis hambatan program; monitoring dan evaluasi untuk memastikan perjalanan dan ketercapaian program; dan keberlanjutan (sustainabilty) program kesehatan termasuk kapasitas keberlanjutan program.

Sebagaimana peruntukannya untuk kuliah, penyusunan buku ini merespon tantangan peningkatan pendidikan bagi mahasiswa, dosen, guru, praktisi kesehatan, dan masyarakat akan kemampuan dalam pemahaman perencanaan dan evaluasi kesehatan masyarakat dan menjawab kesulitan mendapatkan sumber bacaan dan materi pembelajaran. Maka buku ini amat bermanfaat secara khusus bagi para mahasiswa dan akademisi yang terkonsentrasi pada ilmu kesehatan masyarakat. Dalam buku ini disajikan beberapa contoh aplikasi teori pada berbagai program di bidang kesehatan yang memudahkan dalam memahami materi.