Jumat, 03 September 2021

MIKROBIOLOGI KEPERAWATAN GIGI

  • September 03, 2021
  • Penerbit NEM

 

Mikroorganisme ada di sekitar kita, di tanah, di air, di udara, melekat pada tubuh kita bahkan hidup di dalam tubuh kita.  Hubungan yang harmonis dalam situasi yang saling menguntungkan atau dalam keterkaitan yang bersifat komensal, dimana satu pihak diuntungkan, namun pihak lain tidak dirugikan, akan menciptakan kondisi tubuh manusia yang sehat sejahtera. Sebaliknya, jika terjadi ketidakseimbangan, yaitu ketika mikroorganisme masuk ke dalam tubuh dan berkembang biak dalam jumlah yang berlebihan, mengeluarkan produk-produknya berupa enzim dan toksin yang dapat merusak jaringan tubuh, pada saat itulah seseorang menjadi sakit.

Buku ini akan membawa kita untuk mengenal berbagai jenis mikroorganisme seperti bakteri, virus, jamur, yang bersifat patogen, yaitu yang dapat menimbulkan sakit maupun yang merupakan flora normal pada tubuh manusia. Pembahasan meliputi bentuk, struktur, penamaan, sifat-sifat fisiologis, metabolisme, cara memperbanyak diri, dan produk metabolit yang dihasilkannya yang dapat menyebabkan seseorang menjadi sakit. Karena sasaran utama pembaca buku adalah mahasiswa Jurusan Kesehatan Gigi, maka di dalamnya akan dibahas secara khusus mengenai mikrobiologi rongga mulut.

Mempelajari mikrobiologi berarti mempelajari fenomena berbagai mahluk Allah Swt. yang diciptakan dalam ukuran yang super kecil, tidak dapat terlihat dengan mata biasa, tetapi di dalam kuasanya Allah Sang Pencipta  memberi kelengkapan pada mereka untuk bertahan hidup bahkan berdampak yang besar bagi kesehatan dan kehidupan seseorang.

Mempelajari mikrobiologi pada hakikatnya adalah bertasbih yang tiada henti, memuji kebesaran-Nya.