Kamis, 16 September 2021

Manajemen Supervisi Hotel: Orientasi Green Hospitality Business Practices

  • September 16, 2021
  • Penerbit NEM


Dewasa ini wisatawan cenderung memilih hotel yang benar-benar secara konsisten menerapkan praktik ramah lingkungan. Sejalan dengan hal ini, konsep akomodasi yang berkelanjutan harus menerapkan prinsip konservasi lingkungan, ekologi, pemberdayaan masyarakat, dan pemanfaatan produk lokal. Pembangunan pariwisata Indonesia menuju terciptanya keseimbangan Planet (lingkungan), Profit (keuntungan), dan People (masyarakat). Pariwisata ramah lingkungan (green tourism) menjadi salah satu solusi untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara manusia dengan Sang Pencipta, manusia dengan lingkungan, dan antar sesama dalam berinteraksi di masyarakat.

Keberlanjutan bisnis hospitality yang berorientasi green didukung oleh manajemen sumber daya manusia berorientasi green. Keterampilan manajerial yang dilandasi oleh norma dan etika berorientasi green dalam mengemban tugas dan tanggung jawab pemangku kepentingan dalam industri hospitality disimak dalam buku ini. Sejalan dengan itu, pengetahuan yang diperoleh sangat relevan dengan kualitas pengambilan keputusan seorang supervisor sebagai seorang pemimpin.

Pembahasan buku ini meliputi 1) kearifan lokal dalam green hospitality business practices, implementasi praktik bisnis perhotelan berorientasi green, green hotel sebagai produk kompetitif, 2) praktik manajemen rantai pasokan hijau, keunggulan kompetitif, dan kinerja organisasi, 3) membangun citra green hotel melalui perilaku green karyawan, green hotel practices di Bali, dan respons perilaku tamu, dan 4) strategi promosi green hotel di Bali.