Selasa, 28 September 2021

MANAJEMEN KINERJA

  • September 28, 2021
  • Penerbit NEM


Kinerja merupakan hasil akhir ataupun prestasi yang ingin dicapai oleh sebuah organisasi dengan hasil yang melampaui standar yang telah ditetapkan sebelumnya. Manajemen kinerja adalah sebuah proses yang dimulai dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kinerja yang dilaksanakan dengan perbaikan secara terus-menerus dengan tujuan organisasi mampu bertahan dan mencapai keunggulan. Hal ini memerlukan berbagai aktivitas serta strategi yang sesuai dengan kondisi saat ini dengan mempersiapkan untuk menghadapi masa depan yang tidak pasti dan penuh perubahan. Menjadikan kinerja sebagai gaya hidup di sebuah organisasi diyakini mampu meningkatkan kapasitas semua anggota organisasi. Namun hal tersebut harus didukung oleh sistem yang baik seperti kompensasi, kualitas kehidupan kerja, dan program pelatihan pengembangan yang baik agar kinerja terus dapat ditingkatkan.

Buku ini akan membahas manajemen kinerja disertai contoh pelaksanaan berbagai aktivitas di dalamnya seperti metode penilaian kinerja dan balance score card sebagai alat untuk merencanakan sampai menilai kinerja yang dicapai selama periode satu tahun yang dicapai oleh sebuah organisasi. Selain itu, beberapa kegiatan seperti penelitian manajemen kinerja yang biasanya dilaksanakan oleh organisasi dipaparkan secara jelas dan rinci.

Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan membuat analisis mengenai perencanaan, pengorganisasian, evaluasi, dan berbagai praktik manajemen kinerja sebagai bekal dalam melaksanakan pekerjaan setelah lulus maupun membuat pelaksanaan manajemen kinerja pada usaha yang akan atau sedang dilaksanakan saat ini.