Rabu, 15 September 2021

Issu Kesehatan Masyarakat dalam SDG’s

  • September 15, 2021
  • Penerbit NEM


Kesehatan masyarakat memiliki peran penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, penanggulangan kemiskinan, dan pembangunan ekonomi. Indeks Pembangunan Manusia meletakkan kesehatan adalah salah satu komponen utama pengukuran selain pendidikan dan pendapatan. Kondisi umum kesehatan Indonesia dipengaruhi oleh faktor lingkungan, perilaku, dan pelayanan kesehatan.

Masalah kesehatan masyarakat sampai saat ini masih menjadi perhatian bagi pemerintah. Kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan masih rendah. Tingkat kesehatan masyarakat yang tidak merata dan sangat rendah khususnya terjadi pada masyarakat yang tinggal di pemukiman kumuh. Perilaku masyarakat yang masih tidak higienis ditambah lagi dengan tidak adanya sarana dan prasarana lingkungan yang mendukung berdampak pada kesehatan masyarakat yang tinggal pada pemukiman kumuh tersebut. Banyak masalah kesehatan masyarakat yang mungkin akan timbul akibat perilaku masyarakat dan kondisi lingkungan yang tidak memperhatikan kesehatan.

Buku ini mengkaji berbagai permasalahan kesehatan yang menjadi target utama dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s) diantaranya terkait dengan Jaminan Kesehatan Nasional, Permasalahan KIA, Stunting sampai pada Fakta kasus Pandemi Covid-19. Setelah adanya pemaparan terkait data dan fakta kasus, buku ini juga mengkaji berbagai program intervensi yang sudah dilakukan dan bagaimana kendalanya sehingga dapat dijadikan acuan dalam pengambilan kebijakan selanjutnya.