Minggu, 19 September 2021

English Modul for 8 Grader: First term in the year of 2021/2022

  • September 19, 2021
  • Penerbit NEM

 


Pembelajaran dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 dijelaskan sebagai proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pada umumnya proses belajar mengajar dilakukan di sekolah secara tatap muka langsung, namun pada awal tahun 2020 terdapat pengalihan sistem pembelajaran yang dulunya dapat berinteraksi langsung dalam lingkungan yang sama menjadi sistem daring dikarenakan pandemi Covid-19.

Pembelajaran daring menjadi salah satu alternatif di tengah pandemi Covid-19 (Sadikin & Hamidah, 2020). Pembelajaran jarak jauh dan pembelajaran konvensional dapat berjalan secara efektif jika peserta didik merasa nyaman dan termotivasi dengan adanya komunikasi. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu adanya komunikasi yang baik antara peserta didik dan pendidik supaya proses pembelajaran menjadi aktivitas yang menyenangkan. Dalam rangka membuat situasi yang menyenangkan dalam pembelajaran maka diperlukan media yang menyenangkan. Ekayani (2017) menyatakan media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan materi pembelajaran berupa buku, film, video, dan sebagainya.

Berdasarkan kondisi tersebut di atas terinspirasi untuk membuat sebuah modul pembelajaran yang berisi materi esensial yang dibutuhkan para siswa di masa pandemi ini. Modul ini berisi ringkasan materi yang dilengkapi dengan soal latihan di setiap unitnya. Di samping itu, di akhir modul juga disajikan soal latihan ujian akhir semester. Buku ini akan disajikan dalam bentuk fisik dan juga dalam bentuk e-modul. Harapan penulis buku ini bisa memberikan kontribusi positif bagi madrasah dalam mendampingi siswa untuk pembelajaran jarak jauh.