Selasa, 28 September 2021

Buku Ajar Sistem Kontrol dan Kelistrikan Mesin

  • September 28, 2021
  • Penerbit NEM


Seorang teknisi perawatan dan perbaikan mesin lulusan institusi vokasi sangat membutuhkan pengetahuan tentang sistem kontrol dan kelistrikan mesin sebagai pengetahuan tambahan untuk melakukan proses perbaikan dan pemeliharaan pada mesin-mesin yang membutuhkan energi listrik sebagai sumber energi utamanya.

Pengetahuan tentang sistem kontrol dan kelistrikan mesin sebagai pengetahuan tambahan untuk melakukan proses perbaikan dan pemeliharaan pada mesin-mesin dapat diperoleh melalui proses pendidikan di institusi pendidikan vokasi baik itu politeknik maupun akademi teknik.

Buku ini terdiri dari dua bagian besar yaitu materi tentang sistem kontrol pada kelistrikan mesin dan sistem kontrol berbasis PLC. materi tentang sistem kontrol pada kelistrikan mesin berisi tentang teori sistem pengontrolan motor listrik, komponen-komponen sistem pengontrolan motor listrik, rangkaian pengontrolan motor listrik secara manual, semi otomatis, otomatis, dan terprogram. Sedangkan sistem kontrol berbasis PLC berisi tentang teori PLC, bagian-bagain utama PLC, jenis dan tipe PLC, bahasa pemrograman PLC, pengontrolan motor listrik berbasis PLC, pengontrolan traffic light berbasis PLC, dan pengontrolan dengan sensor berbasis PLC. Untuk dapat lebih meningkatkan kompetensi mahasiswa maka setiap beberapa pokok bahasan mahasiswa diberi tugas latihan untuk menerapkan apa yang dipelajari dangan cara mengerjakan tugas yang ada pada bagian akhir buku ini.