Rabu, 18 Agustus 2021

PENGUKURAN USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX): E-School Filial LPKA Kelas I Palembang

  • Agustus 18, 2021
  • Penerbit NEM

 

Buku Monograf Pengukuran User Interface (UI) dan User Experience (UX) E-School Filial LPKA Kelas I Palembang ini merupakan hasil dari penelitian terapan dan salah satu wujud dalam rangka Pengembangan Bahan Rekayasa Perangkat Lunak dan atau Basis Data.

Penulisan buku ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak khususnya pihak pengelola sekolah filial LPKA Kelas I Palembang. Pada kesempatan yang sangat berharga ini, penulis dengan tulus menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak RISTEKBRIN yang telah mendanai penelitian terapan ini (pendanaan Tahun 2020).

Buku ini menceritakan proses dan implementasi dari e-school filial yang ditujukan untuk memotivasi dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada anak didik baik yang di LPKA Kelas I Palembang maupun siswa pada sekolah-sekolah induk yang turut menggunakan web e-school filial.

Sistem e-school filial telah dapat mendukung penyelenggaraan pendidikan kewirausahaan secara lebih baik dan peningkatan pelayanan akademik di sekolah filial LPKA Kelas I Palembang yang menyediakan: Modul pembelajaran entrepreneurship berbasis video, Modul pembelajaran entrepreneurship berbasis audio, Modul pembelajaran entrepreneurship berbasis teks, Media pengajaran jarak jauh, Media pemberian tugas dan pengumpulan tugas siswa, dan Media diskusi.

Sistem e-school filial digunakan oleh koordinator sekolah filial LPKA, koordinator sekolah induk, siswa, guru, dan wali siswa.

Sistem e-school telah mempermudah pihak-pihak tersebut untuk mengetahui informasi yang mereka perlukan berdasarkan evaluasi hasil usability dan user experience. Sistem ini dapat memberikan manfaat jika pihak manajemen LPKA Kelas I Palembang dan pihak sekolah induk menggunakannya secara konsisten/terus-menerus.