Jumat, 20 Agustus 2021

Pencegahan Obesitas dengan Exercise

  • Agustus 20, 2021
  • Penerbit NEM

 
Perkembangan yang semakin modern dengan segala kepraktisan dan kemudahan akses layanannya menyisakan sebuah permasalahan yaitu meningkatnya obesitas pada remaja yang disebabkan oleh kondisi multifaktorial. Salah satu permasalahannya diakibatkan oleh faktor lingkungan, antara lain kesehatan fisik, kurangnya aktivitas (exercise), tingginya asupan zat gizi makro, namun rendahnya asupan serat. Hal ini pun akhirnya ikut mengganggu kesehatan mental remaja yang sangat merugikan kualitas hidup dan lingkungan sosialnya. Kelebihan berat badan sebenarnya dapat dicegah dengan mengubah pola hidup sehat seperti mengubah pola makan dan meningkatkan aktivitas fisik melalui exercise serta upaya peningkatan kualitas kesehatan dengan memberikan edukasi kesehatan sebagai upaya tindakan preventif dan promotif.

Dengan cakupan uraian mengenai tingkat masalah obesitas seperti yang telah dijelaskan di atas diharapkan dapat memberikan gambaran tentang besarnya masalah dan tindakan yang dilakukan sebagai upaya pencegahan saat ini dan yang akan datang. Di mana buku ini sangat dibutuhkan sebagai upaya pencegahan malalui edukasi, yang diperuntukkan untuk kebutuhan bagi seluruh tenaga kesehatan dan masyarakat umum.

Buku ini disajikan dalam 5 (lima) bab pembahasan, di antaranya membahas mengenai Obesitas, hsCRP dengan Obesitas, Intervensi Latihan Aerobik dan hsCRP, serta Latihan Aerobik dan Perubahan Kadar Hscrp pada Obesitas.