Jumat, 20 Agustus 2021

Pembuatan Edamame Kering Menggunakan Food Dehydrator Berputar

  • Agustus 20, 2021
  • Penerbit NEM

 

 

Kedelai edamame merupakan kedelai sayur dengan sifat fungsional hipoglisemik. Keunggulannya sebagai pangan fungsional, membuatnya semakin diminati masyarakat dunia. Nilai tambah produk edamame akan lebih tinggi jika diolah menjadi produk siap konsumsi. Selama ini, ekspor edamame dilakukan dalam bentuk segar atau beku, dan Indonesia adalah negara pengekspor terbesar edamame. Daerah penghasil edamame di Indonesia adalah Kabupaten Jember.

Produk siap saji dengan pengolahan minimal salah satunya adalah edamame goreng. Penggorengan dapat menurunkan sifat hipoglisemiknya, sehingga dalam penelitian yang disajikan dalam buku ini dilakukan proses pembuatan snack edamame kering. Edamame kering dapat dikonsumsi langsung sebagai snack, tambahan dalam sereal serta sebagai bakan baku bakeri. Edamame kering diproduksi menggunakan alat food dehydrator yang dirancang untuk digunakan di UPT. Pengolahan dan Pengemasan Produk Pangan Politeknik Negeri Jember (POLIJE) sebagai unit usaha di bawah POLIJE yang mengelola teaching factory bakey and coffe.

Produksi alat food dehydrator berputar dan edamame kering di teaching factory bakery and coffe POLIJE diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah edamame dan keunggulan teaching factory. Pada penelitian, dilakukan variasi pra-perlakuan edamame untuk menghasilkan produk yang unggul.