Kamis, 15 Juli 2021

TEPUNG BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS POLYRHIZUS) DAN OLAHRAGA RENANG: Dampaknya terhadap Penanda Inflamasi, Stres Oksidatif, dan Kebugaran dengan Obesitas

  • Juli 15, 2021
  • Penerbit NEM

 

Obesitas pada anak dan remaja menjadi perhatian utama, bukan hanya karena masalah sosial dalam jangka pendek saja, tetapi juga karena ada risiko berlanjut terus sampai dewasa dan mempengaruhi kesehatan jangka panjang. Inflamasi dan stres oksidatif adalah faktor utama dalam patogenesis penyakit kardiovaskular, kedua faktor ini berkontribusi sejak tahap awal pada anak dan remaja dan dapat berlanjut terus hingga dewasa. Konsumsi makanan sehat dan berimbang serta olahraga yang teratur adalah kunci pencegahan dan intervensi dari peningkatan risiko obesitas pada anak dan remaja. Konsumsi buah segar dan sayuran dapat melindungi dan melawan beberapa penyakit kronis yang disebabkan oleh stres oksidatif seperti gangguan penyakit kardiovaskular, dan beberapa jenis kanker. Buah naga merah sebagai pendatang baru mengandung berbagai sumber antioksidan yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin C, karatenoid, phenolic, flavonoid, tannin, anthocyanin, asam phenol, alkaloid dan serat pangan yang berpotensi menangkap radikal bebas dan menghambat peroksidasi.

Buku ini di antaranya membahas mengenai Overweight dan Obesitas; Sistem Imun; Inflamasi, Stres Oksidatif, dan Perlemakan Hati pada Obesitas; Buah Naga Merah; Pembuatan Tepung Buah Naga Merah; Analisa Kandungan Gizi, Senyawa Bioaktif, dan Aktivitas Antioksidan, dll.