Rabu, 07 Juli 2021

TELUR REBUS & TELUR ASIN: Pengaruhnya terhadap Kadar Kolesterol Darah

  • Juli 07, 2021
  • Penerbit NEM

 

Kolesterol merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk membentuk asam folat, dinding-dinding sel tubuh, dan beberapa hormon. Tetapi bila jumlahnya yang berlebihan maka akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan mengakibatkan aterosklerosis. Beberapa bahan makanan dinyatakan dapat meningkatkan kadar kolesterol darah, salah satunya adalah kuning telur yang rata-rata mengandung 200 mg kolesterol dalam setiap butirnya. Jika dibandingkan dengan daging, pemakaian telur dalam menu Indonesia jauh lebih luas. Telur dianggap sebagai salah satu makanan bergizi yang mudah diolah, sehingga sangat memungkinkan jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Sejauh ini belum ada data yang mengungkapkan tentang pengaruh pemberian telur asin terhadap kadar kolesterol darah, atau belum ada juga riset tentang perbedaan konsumsi telur rebus dan telur asin terhadap kadar kolesterol darah.

Buku yang berjudul Telur Rebus & Telur Asin: Pengaruhnya terhadap Kadar Kolesterol Darah ini di antaranya membahas mengenai telur sebagai bahan makanan bergizi, pengaruh negatif telur terhadap kesehatan, pengaruh kolesterol terhadap tubuh, faktor-faktor yang mempengaruhi kadar kolesterol darah, pengukuran kadar kolesterol dalam darah, peran telur dalam sintesis kolesterol, dan pengaruh pemberian telur rebus dan telur asin terhadap kadar kolesterol.