Selasa, 06 Juli 2021

PRINSIP SURVEILANS DALAM KONTEKS PENGENDALIAN PANDEMI COVID-19

  • Juli 06, 2021
  • Penerbit NEM

 

Buku ini dimaksudkan sebagai referensi bagi para pembaca tentang prinsip dasar Surveilans dan bagaimana Surveilans dilakukan dalam konteks Pengendalian Pandemi COVID-19.

Sebagaimana kita ketahui, Surveilans adalah kegiatan analisis secara sistematis dan terus-menerus terhadap penyakit atau masalah-masalah kesehatan dan kondisi yang mempengaruhi terjadinya peningkatan dan penularan penyakit atau masalah-masalah kesehatan tersebut, agar dapat melakukan tindakan penanggulangan secara efektif dan efisien melalui proses pengumpulan data, pengolahan dan penyebaran informasi epidemiologi kepada penyelenggara program kesehatan. Salah satu pilar penting penanggulangan pandemi COVID-19 adalah surveilans yang baik, yang tentu mempunyai tujuan akhir dalam upaya pemutusan rantai penularan serta mengatasi kesakitan dan kematian akibat COVID-19.

Buku ini juga menjelaskan dalam bentuk kalimat yang tidak terlalu rumit sehingga mudah dipahami oleh pembacanya. Diharapkan buku ini dapat menambah referensi bagi semua para pembaca tidak hanya tenaga kesehatan dan calon tenaga kesehatan tetapi juga para pemangku kebijakan maupun masyarakat luas.